18 Oktober, 2008

MENDOBRAK PENOLAKAN

Dalam sebuah pelatihan kami meminta peserta untuk mengambil secarik kertas dan menuliskan tiga urutan impian mereka, jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang. Hampir semua peserta hanya memainkan kertas di tangan mereka, tidak seorang pun yang langsung menulisnya. Ketika kami mengubah pertanyaan, “Oke deh, silahkan Anda tulis daftar impian yang pernah terbesit di pikiran Anda.” Beberapa orang mulai menulis, “Baiklah, bagi yang belum terbuka pikirannya, apa saja harapan Anda dari pekerjaan Anda saat ini. “

Kesimpulan yang kami dapat, ternyata begitu banyak orang yang bekerja apa adanya, yang penting dijalani, dengan harapan Insaya Alloh berhasil. Padahal semua orang tahu “Gantungkanlah cita-citamu setinggi bintang di langit” tetapi sampai kita memasuki usia senja, kita tidak tahu apa yang kita gantungkan di langit.

Henry David Thoreau menulis. “Sudahkan Anda membangun istana Anda di awang-awang? Bagus, karena memang disanalah seharusnya istana itu dibangun. Nah, sekarang mulailah bekerja membangun fondasi di bawahnya”.

Sebelum Anda meneruskan membaca buku ini dengan kisah-kisah penolakan yang mungkin akan mengganggu anda, ada baiknya Anda membuat daftar mimpi Anda. Beranilah menuliskannya, tentukan dengan pasti apa yang Anda inginkan, jadikan impian tersebut menjadi sasaran yang nyata, jelas, spesifik dan dapat diukur dan berbatas waktu. Sekali lagi Anda tuliskan boleh di lembaran mana saja pada buku ini.

Ketika Anda menetapkan sasaran yang jelas bagi diri Anda, dan Anda tahu dengan pasti apa yang Anda inginkan, Anda akan menjadi sangat tidak sabar untuk mendobrak (breaking) hal-hal yang akan mengganggu Anda mencapi sasaran.

Apa pun pekerjaan dan bisnis anda, Anda harus menjual untuk mendapatkan uang. Apa pun sasaran anda,anda membutuhkan uang untuk mencapainya. Berarti Anda harus menjual untuk mencapai sasaran anda. Ketika anda menjual Anda, Anda akan berhadapan dengan penolakan terhadap produk dan jasa yang Anda jual. Perlu Anda ingat penolakan yang Anda hadapi dalam menjual adalah penolakan atau halangan bagi Anda untuk mencapai sasaran Anda. Penolakan-penolakan tersebut harus Anda DOBRAK (Breaking the Rejections)

Dalam buku ini diberikan tahapan-tahapan dalam penjualan dan penolakan-penolakan yang mungkin terjadi pada setiap tahapan. Kami memberikan taktik dalam mendobrak penolakan-penolakan tersebut, akann tetapi sebaik apa pun taktik yang kami berikan kalau pondasi Anda tidak kuat, maka bangunan taktik ini akan mudah hancur.

Pondasi yang kami maksud adalah impian Anda , sasaran Anda. Jadi kalau Anda ingin mencapai sasaran puncak anda, bangunlah pondasi terkuat yang pernah ada.

Tidak ada komentar: