17 Oktober, 2008

KEDAHSYATAN SHOLAT SUBUH

Oleh:
Ahmad Naimul Mughofir Suharno
Takmir Masjid Sekar Tanjung

Saudara-saudaraku, se-iman dan se-akidah Allah telah memberikan karunia nikmat yang tiada bisa kita hitung dan nilai dengan uang. Salah satu nikmat yang sering kita lupakan adalah nikmat kesehatan dan kesempatan untuk menjalankan jamaah sholat subuh.

Rasulullah SAW bersabda:

“ Barangsiapa yang menjalankan sholat isya berjamaah seakan-akan dia telah shalat setengah malam. Dan barangsiapa shalat subuh berjamaah, maka seakan-akan dia telah melaksanakan shalat malam satu malam penuh "
(HR. Muslim).

Subhanallah !!! Sungguh demikian besar nilai atau pahala yang terkandung dalam ganjaran sholat subuh dan isya berjamaah sebagaimana disabdakan Rasulullah SAW tersebut. Dan alhamdulillah kita masih diberikan kesempatan untuk melaksanakan sholat subuh berjamaah. Mudah-mudahan kita sekalian untuk seterusnya tetap diberikan kekuatan untuk menjalankan sholat isya dan subuh berjamaah, sehingga kita dapat meraih kesempatan pahala yang tidak ternilai pahalanya tersebut.

Saudaraku yang berbahagia !!!
Kenapa Allah memberikan pahala yang sangat istimewa untuk sholat isya dan subuh ??? Ibarat shalat setengah malam dan semalam penuh !!! Dan saya yakin dalam kondisi normal kita tidak akan dapat melakukan hal ini. Bukankah demikian ???

Karena kedua waktu shalat tersebut, umumnya sangat berat untuk kita kerjakan. Untuk itu mari kita berdoa memohon kepada Allah agar diberi kekuatan untuk mengerjakannya shalat wajib berjamaah, baik shalat isya dan subuh maupun yang lainnya, yakni dhuhur, ashar dan maghrib.

Apabila kita umat islam sedunia mampu menjalankan shalat subuh berjamaah, sungguh dasyat dampaknya. Seorang penguasa Yahudi pernah berkata:
“ Kami baru takut terhadap umat islam, jika mereka telah melaksanakan shalat subuh seperti melaksanakan shalat jumat “.

Sudah saatnya, kita mengadakan gerakan bersama melaksanakan shalat subuh berjamaah. Semoga Allah memberikan kekuatan kepada kita semua. Amin.

Tidak ada komentar: